gravatar

Sekilas Sushi

Sushi itu enak (paling tidak buat mereka yang menganggap sushi itu enak). Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang terbuat dari kepalan kecil nasi dan berbagai kombinasi rumput laut, ikan, telur, dan air mata pengunjung yang tidak tega melihat hewan laut dibunuh hidup hidup.



Bentuk sushi secara umum merupakan kepalan nasi (seperti yang saya sebutkan diatas tadi), dengan variasi lauk yang disatukan pada kepalan nasi tersebut (saya juga sudah sebutkan diatas tadi), dan menurut sejarahnya, sushi berasal dari bahasa Jepang yang berarti "nasi dengan rasa/ spicy rice" yang pada aslinya memiliki rasa asin dan asam, karena sushi pertama memiliki lauk ikan yang diasinkan dan dihidangkan dengan nasi yang diberi cuka. jadi, secara sederhananya, sushi memiliki arti literal dalam bahasa indonesia yaitu "woek, asem asin! Nasi apaan toh ini?" dan sering menimbulkan tanda tanya bagi penikmat hidangan prancis pada zaman awal perkenalan sushi ke dunia gourmet internasional.





because, le-messieur chef, your le-cooking skill is a le-disaster, oui?



Dahulu pada zaman nenek moyang Doraemon, sushi merupakan makanan rakyat jelata yang disajikan hanya diatas piring biasa, dan pada perkembangannya sushi berubah menjadi makanan eksklusif karena membutuhkan ketrampilan setara chef untuk dapat menyajikan sushi yang layak untuk disantap. Dan pada zaman modern ini, sushi merupakan satu-satunya makanan di dunia yang disajikan ke konsumen seperti kereta api.





tut tuuuuut jes jes jesss



Salah satu hal yang membuat para penikmat sushi kecanduan dengan sushi adalah adanya sisi gambling dalam mengambil piring sushi yang akan sampai ke depan mereka, sehingga menu sushi yang akan mereka santap selalu berbeda setiap kali mereka datang. Pada kedai sushi yang asli, menu lain yang sudah pasti ada adalah sake, yang biasanya memiliki dua arti bagi para konsumen. Yang pertama adalah untuk menikmati night out di kedai sushi sambil berhura hura, atau yang kedua untuk bermabuk mabukan melupakan kesedihan akibat melihat bon harga sushi yang luar biasa tinggi.



Peminum sake pada opsi terakhir, biasanya kurang begitu memperhatikan indikator harga dan warna sushi, yaitu sushi yang memiliki warna putih biasanya adalah sushi termurah, sementara sushi yang memiliki warna cerah biasanya memiliki harga yang relatif lebih tinggi. Kedengarannya agak rasis buat saya, tapi tugas saya di sini hanya memberi laporan, jadi yeah, apa adanya aja lah. Metode pembayaran rumah makan sushi sama seperti metode pembayaran rumah makan padang, dimana seorang pelayan datang membawa nota dan mulai menghitung berapa banyak yang anda harus bayar dari piring yang menumpuk di meja anda, hanya bedanya pelayannya bukan orang padang tentu saja. Atau paling tidak, orang padang yang bergaya seperti orang jepang, bila restoran itu ada di Indonesia.



Rumah makan sushi memiliki peraturan yang hampir sama seperti rumah makan padang, yaitu apabila anda menyentuh satu piring, berarti anda sudah mengambil piring itu, dan harus membayar piring itu. Jadi berhati hatilah bila anda membawa anak kecil ke rumah makan sushi.



JENIS JENIS SUSHI

Oke, kita sekarang membahas mengenai jenis sushi. Ada banyak sekali, dan lumayan bikin saya pegel untuk nulis semuanya disini. Secara umum, lauk sushi bukan hanya ikan, namun bisa juga telur dadar, alpukat, acar, kacang edamame (kacang apalah itu), mentimun, wortel, pokoknya, segala sesuatu yang bisa dimakan oleh manusia dan disatukan dalam satu kepalan nasi kecil maka orang Jepang menyebutnya sushi. Berikut merupakan beberapa bentuk umum dari sushi;



1. Maki sushi





Maki sushi merupakan nasi yang digulung dalam lembaran rumput laut (nori) dan biasanya dalam gulungan nasi tersebut disertakan juga telur dadar. Penyajian standar maki sushi adalah 4 pcs per piring.



2. Futomaki





Secara umum memiliki bentuk sama seperti futomaki, namun agak lebih gendut, dan lebih kecil. Mungkin kata yang mendeskripsikan dengan tepat adalah kontet..kalau itu bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tapi, sebenarnya futomaki lebih kecil dari maki..tapi dari sisi lain sebenarnya lebih besar. Agak sama. Cuma lebih besar. Walaupun secara umum bentuknya kecil. Tapi secara umum juga, bentuknya agak sedikit lebih besar. Gitu deh.



3. Nigiri





Nigiri adalah sushi dalam bentuk yang sedemikian rupa sehingga berkesan chefnya malas. Maksudnya, sushi jenis ini cuma nasi kepal berbentuk segi empat kecil, dan diatasnya ditaruh lauknya.





zee what i mean, le-messieur chef?



4. Gyoza



Gyoza berbentuk seperti siomay, karena ini jauh lebih memudahkan saya daripada mengetik deskripsi yang panjang lebar. Cukup bayangkan siomay saja. Didalam kulit gyoza adalah nasi dengan lauk yang beragam, seperti daging, ikan, ataupun sayuran.



PENYAJIAN SUSHI

Penyajian sushi telah mengalami evolusi yang berlangsung dari waktu ke waktu, mulai dari zaman neneknya Doraemon yang hanya disajikan dalam piring biasa, hingga ke kereta api





tut tuuuuut jes jes jesss

dan juga berkembang sebagai pelengkap nasi bekal atau bento





ay, cute, oui? but i ztill hate you, Hello Kitty. And you too, le-messieur chef.

hingga human sushi





seperti kata Farah Quinn, "mmmm yammey"


Sekian reportase dari saya, kita akan bertemu lagi di lain waktu dalam topik yang tidak kalah menariknya lagi.

gambar :flickr.com