gravatar

Anda Pemain FarmVille? Kasihan....




FarmVille. Apa itu FarmVille?
FarmVille adalah sebuah aplikasi game membosankan yang dirancang dengan sedemikian rupa sehingga anda dengan senang hati menjadi budak sebuah perusahaan bernama Zynga.
Secara harfiah, Farmville adalah sebuah game populer di facebook, yang apabila anda tidak memainkan Farmville, anda bukan orang yang cool, atau anda punya kehidupan/game yang lebih menyenangkan.

Tapi tunggu, kata anda. FarmVille tidak membosankan, menyenangkan sekali. Yeah tentu saja, karena Zynga sudah berkonsultasi dengan ahli behavioural psychologist untuk mengerti pola pikir gamer, dan akhirnya, voila, terciptalah FarmVille, Mafia Wars, dan berjuta game monoton lain dengan satu prinsip yang sama.


"Tapi, aku bisa berhenti kapanpun aku mau!" kata anda.
Oh ya. Trik yang dipakai disini adalah, nggak usah takut tentang waktu, andalah yang mengatur waktu kapan anda main. You're the boss, boss. Tapi kenyataannya apa anda mau membuang waktu tanam anda selama 1 hari? Atau 2 hari? Dan membiarkan hasil panen anda layu? Dan apa itu menjamin anda akan berhenti menanam benih untuk panen 2 hari kedepan? Itulah hasil dari behavioural psychologist nomer satu. Lebih dari 50% orang yang mau berhenti main Farmville pasti tergoda untuk menanam benih dan bilang "oh yasudah. tunggu sampai panenan yang satu ini".

"tapi game ini berbeda! dan game-game lain juga!" kata anda.
Oh ya. Trik yang dipakai disini adalah permainan visual. Tutup semua aspek visual dan perhatikan. Farmville, cafe world, roller coaster kingdom. mafia wars, vampire wars, special forces. Cari 8 titik perbedaan selain visualisasi.
Membuat game itu butuh waktu, jadi yang Zynga butuhkan cuma mengkopi satu game dan mengganti visualnya untuk menjadi game lain. Zynga mengerti bahwa sebagian besar pengguna facebook adalah orang awam non gamer, jadi semua game dirancang untuk non-gamer user. Ironisnya, Farmville sendiri dikopi dari game lain...

Jadi, mengkopi adalah satu cara untuk menghemat biaya pembuatan game. Dan Zynga kecanduan hal ini sampai menawarkan konsep ini pada Farmville user, seperti...

apabila anda gamer sejati atau application developer, anda mengerti konsep pallette swap, dan ini yang dipraktekkan disini. Coba cari perbedaan dari 8 benda..eh, rumah..eh, apalah itu diatas. Memangnya, apa fungsinya dari benda diatas itu?

Siapa yang peduli? Toh Farmville user cuma bilang "WOW!! BARN BARU!! YAY!!!"
Kasihan...