gravatar

Metode Penulisan Surat Lamaran Kerja yang...



Ah, wisuda. Waktunya bangun di pagi buta untuk berdandan, pake kebaya yang kemudian nggak akan keliatan karena ditutupi toga panjang, foto-foto, cipika-cipiki dengan teman, pacar, dosen, saudara, dan 'dia yang pernah menolak kencan dengan saya'.

Setelah semua ramah tamah itu selesai, anda tahu apa yang terjadi. IT'S WAR BABY! waktunya untuk sikut-sikutan mencari pekerjaan, hajar kiri hajar kanan, tendang atas tendang bawah. Dan disini saya akan memberi sedikit tutorial metode penulisan surat lamaran kerja yang saya harapkan bisa memenangkan anda dari para pesaing anda yang lebih militan dari anda, sampai ke tahap wawancara kerja.

PRESENTASI RESUME
Secara umum ada tiga metode penulisan surat lamaran kerja sebelum anda duduk bersama si pewawancara di kursi panas, yang berikut saya berikan penjelasannya secara detail dalam bentuk kuis.

1. Resume anda sebaiknya ditulis dalam font?
a. Times New Roman 12pt
b. Arial 10pt
c. Setiap huruf memiliki fonT, uKuRaN dan warna yang berbeda

Jawaban yang benar : C. Mengganti huruf ini akan memberikan kesan fresh dan segar pada pewawancara bahwa anda memiliki pengetahuan cukup mendalam atas MSWord dan sekalgus menonjolkan sisi estetis anda, selain mengingatkan pewawancara pada model surat permintaan tebusan dari penculik. Terjemahan bebas: "aku yang pegang kendali disini, bukan anda."

2. Resume anda sebaiknya ditulis dengan?
a. mesin ketik
b. proffesional inkjet printer
c. darah

Jawaban yang benar : C. Tidak ada yang lebih meyakinkan orang bahwa anda serius menginginkan sesuatu selain surat bertinta darah hasil mutilasi diri sendiri.

3. Resume anda diprint diatas kertas?
a. Kertas bekas bungkus gorengan
b. kertas kwarto 80gram
c. diuntel-untel untuk bungkus batu bata dan dilempar ke jendela rumah si pewawancara

Jawaban yang benar: C. das rait baby. Itulah yang namanya 'mendapat perhatian penuh'. Setelah si pewawancara berhasil memadamkan api dari molotov yang anda lempar sebelum batu bata itu, dia akan membaca dengan perhatian dan konsentrasi penuh. Tunggu dulu, bagaimana anda bisa mecahin kaca jendela kantornya yang ada dilantai 47? Itu artinya anda benar-benar serius.

WAWANCARA
Oke. Anda sudah berhasil mendapat perhatiannya dan diundang ke wawancara pribadi, baik di ruang tunggu perusahaan atau sel polsek setempat (hey, positive thinking. Anda tetap dipanggil kan?) sekarang waktunya anda meyakinkan sang pewawancara bahwa: ANDA. ADALAH. ORANG. YANG. TEPAT.

Pada langkah ini anda saya sarankan bersikap natural, dan jangan lupa untuk mengakui beberapa kekurangan kecil anda seperti "tidak sehebat itu diranjang seperti yang sering anda dengar", tapi ingatlah untuk tetap berfokus pada kelebihan positif anda, seperti:

  • Mampu menghabiskan 4 buah Big Mac dalam waktu 30 menit

  • Pernah nonton semua film Star Wars tanpa jeda tidur dan makan atau ke kamar mandi

  • Faham cara mengoperasikan Playstation 1, Playstation2, Playstation 3

  • Dapat menceritakan secara mendetail episode Harry Potter sejak buku pertama

  • Tidak keberatan untuk dapat jatah makan siang daging mentah dan kemenyan tiap hari jumat kliwon

  • Sudah nonton Titanic sebanyak 10 kali, Twilight 15 kali, dan New Moon 8 kali.

  • Klak klik, klak klik, bisa pakai mouse lo paaaak

  • Tidak keberatan untuk digaji 10 juta sebulan

  • Prestasi kerja sebelumnya adalah menjadi Sorcerer level 85

  • Pernah tampil di tv di acara Buser

  • Faham cara mendownload program bajakan


Setelah fase presentasi biasanya pewawancara akan mempersilahkan anda untuk bertanya dan saya sarankan untuk mengajukan pertanyaan yang memberi kesan bahwa anda adalah orang intelek, berkepribadian, classy, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, seperti:
Bapak punya istri berapa?
Ah masa, saya kok nggak percaya liat dari tampang bapak?
Mau tau saya punya istri berapa?

Apabila anda berhasil mendapat pekerjaan, jangan lupa untuk berbagi info ini kepada para teman anda. Oh ya, jangan lupa untuk menulis pake darah.